Cara-Meningkatkan-Suara-dan-Volume-di-Android
 

Cara Meningkatkan Suara dan Volume di Android

Penguat volume speaker dan headphone adalah bagian dari solusi jika volume ponsel Android Anda terlalu rendah, atau suara benar-benar tidak terdengar, Anda dapat mencoba beberapa cara untuk memperbaiki speaker atau headphone ponsel Anda. Mungkin ada beberapa alasan mengapa suara ponsel Android Anda tidak berfungsi.

Petunjuk dalam artikel ini berlaku bagi ponsel yang menjalankan Android 7.0 (Nougat) atau yang lebih baru. Semua langkah sama terlepas dari operator Anda atau pabrikkan ponsel Anda.

Penyebab Masalah Volume Ponsel Android

Beberapa masalah dapat menyebabkan masalah dengan speaker ponsel Android:
  • Ponsel Anda ditambatkan melalui Bluetooth ke perangkat lain yang memutar suara.
  • Sebuah aplikasi berjalan di latar belakang yang mengontrol volume keseluruhan.
  • Mode Jangan Ganggu aktif.
  • Speaker atau headphone memiliki masalah perangkat keras.

Jika volume ponsel Anda masih terlalu rendah setelah mengesampingkan masalah di atas, ada aplikasi penguat suara dan equalizer yang dapat Anda coba untuk meningkatkan kinerja suara perangkat Anda.

Cara Meningkatkan Suara dan Volume di Android

Untuk memastikan volume di ponsel Anda berfungsi dengan baik:
  • Matikan Mode Jangan Ganggu. Bersamaan dengan membungkam dering Anda, mode Jangan Ganggu juga mematikan semua volume speaker dan headphone. 

Untuk menonaktifkannya:
Buka Pengaturan ponsel Anda dan ketuk Suara dan getaran.

Cara-Meningkatkan-Suara-dan-Volume-di-Android

Jika Jangan ganggu Aktif, ketuk sakelar sakelar untuk mematikannya.

  • Matikan Bluetooth. Untuk melepaskan ponsel Anda dari perangkat Bluetooth, geser ke bawah untuk membuka Pengaturan Cepat, lalu ketuk ikon Bluetooth sehingga berubah menjadi abu-abu.
Anda juga dapat menonaktifkan Bluetooth dengan membuka Pengaturan> Koneksi dan mematikan sakelar di sebelah Bluetooth.

  • Bersihkan debu dari speaker eksternal Anda. Jika speaker Anda tidak mengeluarkan suara seperti biasanya, coba bersihkan. Udara bertekanan dapat bekerja paling baik jika Anda memilikinya, tetapi sikat yang bersih juga dapat membantu.
  • Bersihkan serat dari jack headphone Anda. Lint dapat terperangkap di jack headphone Anda dan semakin memadat saat mencolokkan headphone. Anda dapat menggunakan jarum jahit atau peniti untuk menusuk serpihan serat dan mengeluarkannya.
  • Uji headphone Anda untuk melihat apakah korsleting. Jika headphone Anda cukup tua, sangat aus, tertekuk di tempat-tempat karena berulang kali tergulung dan tidak tergulung, atau menjadi basah lebih dari beberapa kali, kemungkinan besar headphone Anda akan mati karena kabel terlepas atau korsleting. Cobalah headphone yang berbeda dan lihat apakah suara Anda kembali.
  • Sesuaikan suara Anda dengan aplikasi equalizer. Jika audio Anda hanya redup dan bukan sepenuhnya digagalkan, mungkin sudah waktunya untuk menyesuaikannya dengan aplikasi equalizer, yang memungkinkan Anda mengubah tingkat intensitas frekuensi sonik tertentu dalam audio yang berasal dari speaker atau headphone Anda. Ini adalah solusi terbaik jika suara Anda tidak seimbang dan Anda hanya perlu meningkatkan frekuensi tertentu, seperti jika Anda perlu memperbaiki rentang pendengaran yang terganggu atau Anda memiliki kebisingan latar belakang yang miring untuk memotongnya.
Jika Anda tidak yakin dengan penyesuaian yang harus dilakukan, salah satu hal yang menonjol adalah: 

  • Gunakan aplikasi Neutralizer dari Javeo Software. Alih-alih membiarkan pengguna mengutak-atik, Neutralizer menjalankan pemindaian diagnostik untuk menentukan frekuensi mana yang perlu ditingkatkan, dan mana yang perlu dikurangi.

Untuk menyamakan suara ponsel Anda:
Buka aplikasi Neutralizer dan ketuk ikon Plus (+) di kanan bawah layar beranda. Anda kemudian akan diminta untuk memberi nama pada profil suara Anda.

Dari sini, Neutralizer akan memainkan nada yang dapat Anda manipulasi intensitasnya menggunakan tombol melingkar di bagian bawah layar. Setelah diatur ke tempat Anda hampir tidak dapat mendengar nadanya, ketuk panah di kanan bawah grafik dan lakukan hal yang sama untuk nada berikutnya. Setelah melakukan ini untuk semua nada, ketuk tanda centang di sudut kanan atas untuk menyimpan pengaturan Anda.

Cara-Meningkatkan-Suara-dan-Volume-di-Android

Alihkan sakelar di kanan atas profil Anda ke Aktif untuk mengaktifkan pemandangan suara kustom Anda.

  • Gunakan aplikasi penguat volume. Banyak aplikasi equalizer, seperti Equalizer FX, memungkinkan Anda meningkatkan volume keseluruhan ponsel Anda. Saat memulai, aplikasi menyajikan profil default yang dapat Anda edit. Untuk menaikkan volume Anda, buka tab Efek, alihkan Peningkat Kekerasan ke Aktif dan gerakkan penggeser ke kanan sampai Anda puas.
Agar equalizer ini atau lainnya berfungsi, Anda mungkin harus menonaktifkan equalizer bawaan Android di setelan Aplikasi & notifikasi Anda.

Cara-Meningkatkan-Suara-dan-Volume-di-Android

Sesuaikan volume dari pengaturan untuk menghindari volume rocker yang rusak. Jika audio Anda tidak dibisukan dan Anda masih tidak dapat menyesuaikan volume, itu mungkin karena volume rocker tidak berfungsi, tombol volume perangkat keras naik-turun tunggal di sisi ponsel Anda yang bergoyang maju mundur. Hal ini mungkin disebabkan oleh debu atau kotoran yang menumpuk di bawah tombol ayun dan menghentikannya agar tidak menekan, atau mungkin sambungan antara ayun dan perangkat keras Anda lainnya telah rusak.

Untuk meningkatkan volume tanpa menggunakan rocker, akses Pengaturan Anda dan buka Suara dan getaran> Volume, lalu seret penggeser Volume Media ke kanan.

Tutup semua aplikasi pemutaran audio yang terbuka. Beberapa aplikasi yang memutar audio dan / atau video memiliki pengaturan volume khusus aplikasinya sendiri, yang dapat mengubah volume sistem Anda saat berjalan di latar belakang. Penyebab paling umum adalah aplikasi equalizer yang salah konfigurasi atau bermasalah. Karena dirancang untuk lebih diutamakan daripada volume sistem, mereka dapat menekan volume jika tidak diatur dengan benar. Untuk menutupnya, buka aplikasi Anda yang terbuka dan geser ke samping.

Jika Anda mencurigai ada aplikasi yang masih berjalan di latar belakang, coba boot ulang dulu perangkat Anda dan mencobanya kembali.


Tag: cara memperbesar suara headset di android, cara memperbesar volume hp samsung tanpa aplikasi, cara menambah volume audio tanpa aplikasi, cara membesarkan volume hp oppo tanpa tombol, cara kuatkan speaker android, cara memperbesar suara headset di pc, cara memperbesar suara rekaman online, cara membesarkan volume hp xiaomi, trik android, tips and tricks smartphone, selular, tech tips mobile, mobile tricks free, trik android 2020, tips dan trik, android tips and tricks website,