Perbedaan HDD (hardisk) dan SSD (Solid state Drive) √ Perbedaan HDD (hardisk) dan SSD (Solid state Drive) - ALFARIEZA™ | Tutorial, Tips and Tricks Perbedaan HDD (hardisk) dan SSD (Solid state Drive)

Perbedaan HDD (hardisk) dan SSD (Solid state Drive)

Teknologi yang semakin berkembang membuat penggunaan hardware komputer juga ikut trend sesuai dengan perkembangan. Salah satu diantaranya adalah hardware untuk penyimpanan data yang dulunya perangkat komputer atau laptop banyak yang menggunakan harddisk drive alias HDD, sekarang muncul media penyimpanan internal baru yang menggantikan harddisk drive alias HDD dengan media yang disebut SSD atau yang disebut Solid state Drive. 

Perbedaan-HDD-dan-SSD

Untuk para  pengguna komputer atau laptop yang masih belum tahu dan bertanya-tanya apa sebenarnya perbedaan dari kedua jenis media penyimpanan tersebut.

Jika dilihat dari sudut teknologi sudah jelas bahwa SSD lebih canggih jika dibandingkan dengan HDD, Bisa dibilang SSD merupakan evolusi dari HDD itu sendiri. Saat ini banyak perangkat komputer terbaru yang dibekali dengan media penyimpanan SSD.

Berikut ini akan saya bagikan beberapa informasi mengenai perbedaan dasar  antara HDD dan SSD yang perlu anda ketahui, akan tetapi apa dan bagaimana cara kerja dari HDD (hardisk) dan SSD (Solid state Drive) itu, yaitu :

HDD atau hardisk drive bekerja dengan cara sistem magnetik yang mana di dalamnya terdapat 1 buah piringan baja putih atau di sebut Plate, Plate ini sendiri dapat di tulis dan di hapus oleh Head, Plate atau piringan putih tersebut berputar secara terus menerus oleh spindle motor. inilah perbedaan jelas dari hardisk dan SSD.

SSD atau Solid state drive adalah sebuah perangkat dengan berbagai macam aneka bentuk yang fungsinya sama persis dengan perangkat hardisk ( HDD ) yang biasa kita pakai guna menyimpan data, Namun ada perbedaan yang sangat signifikan antara SSD dan HDD. perbedaan itu bisa terlihat dari cara kerjanya.

Perbedaan HDD (hardisk) dan SSD (Solid state Drive) diantaranya :

1. Kecepatan
Salah satu hal yang kita cari adalah kecepatan, dan satu hal mendasar yang membedakan HDD dan SSD adalah kecepatan transfer datanya. Sudah jelas SSD lebih cepat jika di banding dengan HDD karena SSD menggunakan sistem elektrik yang canggih. Tidak heran jika banyak laptop atau komputer high class menggunakan jenis media storage yang satu ini untuk meningkatkan kinerja performanya.

2. Bentuk Fisik
Bentuk SSD memiliki fisik yang lebih compact jika dibandingkan dengan bentuk fisik HDD. Seperti yang kita tahu, HDD komputer yang rata-rata ukurannya lebih besar dari HDD laptop. 

3. Teknologi
Teknologi yang digunakan oleh SSD tingkatannya lebih canggih dibandingkan dengan HDD, SSD sendiri menggunakan serangkaian IC NAND yang berkemampuan dapat menyimpan data walaupun tidak ada suplay tegangan. Dengan begitu data pun akan lama tersimpan dalam storage ini meskipun tidak ada tegangan.

4. Harga
SSD menggunakan teknologi yang lebih canggih, yang tentunya biaya produksi SSD juga tinggi dibandingkan dengan harga HDD, dan harga perbandingannya bisa mencapai dua kali lipat atau lebih.

5. Kapasitas
Dari segi kapasitas, HDD masih lebih baik dibandingkan dengan SSD. daya tampung dari sebuah SSD saat ini masih tergolong sangat kecil jika dibanding dengan HDD, HDD dapat menampung data dengan kapasitas hingga puluhan terabyte. Karena itulah saat ini HDD masih banyak digunakan oleh kebanyakan orang dan bukan tidak ingin mengikuti trend pekembangan teknologi saat ini, itu alasan salah satunya.

Berikut Pebandingan Kecepatan HDD (hardisk) dan SSD (Solid state Drive):

1. Pebandingan Kecepatan BOOT UP SPEED
2. Pebandingan Kecepatan OPENING A 25MB PDF FILE

Kiranya ulasan kali ini cukup sekian, semoga bisa di fahami, terima kasih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama