Macam-Macam Perangkat Komputer

Perangkat komputer secara garis besarnya terdiri dari 2 bagian utama, yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (Hardware).

Untuk lebih detail tentang kedua bagian ini, maka berikut penjelasannya:

A. Perangkat Lunak (software)
Software atau perangkat lunak, adalah golongan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat pula berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Secara garis besar perangkat lunak komputer juga digolongkan menjadi 2 bagian, diantaranya:
  • Sistem operasi
Program dasar di komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan diantaranya adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas dari sistem operasi termasuk  namun tidak hanya mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.

  • Sistem Aplikasi
Aplikasi adalah suatu subkelas dari perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibanding dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak dengan secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama dari perangkat lunak aplikasi adalah pengolahan kata, lembar kerja, dan pemutar media.

Sebagian contoh dari software yang biasa kita temui yaitu pengolahan data seperti yang biasa kita gunakan adalah Microsoft Office, dan Search Engine seperti Opera Mini, Mozilla firefox, Google Chrome, Safari dsb, ada juga dari program antivirus berupa seperti Avira, Smadav, Avast dsb.

B. Perangkat Keras (Hardware)
Hardware atau Perangkat keras adalah sebuah alat atau benda yang kita bisa lihat kasat mata, sentuh, pegang dan mempunyai fungsi tertentu. Secara fisik ada wujudnya dan Ada bentuknya.

Perangkat Hardware ini terdiri dari 3 jenis, antara lain:

  • Perangkat masukan (Input device)
Perangkat masukan yang berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, ataupun gambar ke dalam komputer.Contoh perangkat input misalnya keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan juga sebagainya.

  • Perangkat Keluaran (output device)
Perangkat keluaran ini dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan, Contoh : monitor dan printer.

  • Perangkat pengolah data (Processor)
Perangkat pengolah data atau yang biasa disebut Processor dipergunakan untuk mengolah data. Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor.

Macam-Macam-Perangkat-Komputer

Contoh-contoh dari Hardware antara lain :
  • Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus dan juga sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.

  • Mouse
Mouse adalah salah unit masukan atau input device. Fungsi Mouse sendiri adalah untuk perpindahan pointer atau kursor dengan  cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.

  • Processor
Processor bisa disebut juga sebagai otak dari komputer semakin bagus tipe processor maka semakin mahal pula komputer, maka dari itulah processor disebut sebagai inti dari komputer. Fungsi processor sendiri itu adalah untuk memproses semua kegiatan yang dilakukan komputer, yang direquest oleh pengguna.

  • Motherboard
Motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung satu sama lain seperti pada PC atau Macintosh dan biasa kita sebut Motherboard dengan kata mobo. Motherboard yang beredar dipasaran dan kita temui saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar supaya dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.

  • RAM
RAM (Random Access Memory) adalah memori utama komputer yang berfungsi untuk membaca dan menuliskan data. Dan dengan keberadaan RAM, maka kita terbantu untuk bisa menjalankan 2 aktifitas sekaligus dalam sebuah komputer, yaitu menulis dan membaca data.

  • CMOS
CMOS kata lainnya adalah singkatan dari Complementary Metal Oxide Semiconductor. Dari bentuknya dapat kita kenali dan ia merupakan sebuah komponen berbentuk IC (integrated circuit) Yang mana fungsinya untuk menampung setting BIOS dan agar dapat tetap menyimpan setting-annya selama baterai yang memberikan daya tersebut masih bagus.

  • Konektor Casing
Konektor Casing berfungsi untuk menyambungkan tombol atau saklar dan indicator pada casing ke motherboard. Pada motherboard yang berbasis Pentium 4, disertakan pula sebuah port konektor tambahan sebesar 12 volt, guna agar prosesor bisa bekerja.

  • Monitor
Monitor komputer merupakan salah satu jenis soft copy device, karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampilkan adalah hasil dari pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai macam ukuran layar sama seperti layaknya sebuah televisi.

  • Power Supply
Power supply ini sesuai dengan namanya berfungsi mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar tetap dapat berjalan sesuai dengan fungsinya.

  • Harddisk
Harddisk adalah merupakan sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Harddisk sendiri baru diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956. Harddisk pertama tersebut dulu terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya hingga mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Sedangkan Harddisk saat ini sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas bermacam-macam.

  • Kipas (Pendingin)
Kipas atau Pendingin komputer dan yang sering juga disebut juga sebagai pendingin CPU dan alat ini dipasang pada bagian dalam komputer untuk mengurangi atau menghilangkan panas dari sebuah computer.