Atasi Komputer Tidak Dapat Shutdown 

Masalah komputer tidak dapat shutdown seperti ini merupakan masalah yang biasa dialami oleh para pengguna OS Windows, jangan dulu baper gan ,.. simak Tips berikut semoga menjadi pemecah dan pencerah masalah komputer anda.

Komputer-Tidak-Bisa-Shutdown

Ada beberapa factor penyebab komputer tidak bisa dimatikan atau Shutdown antara lain :
  1. Cek settingan BIOS pada komputer anda apakah settingan default. Kembalikan settingan BIOS komputer anda ke settingan defaultnya.
  2. Terlalu banyak install antivirus dalam  satu computer. Jangan terlalu banyak menginstall antivirus dalam satu komputer, cukup 2 atau 3 antivirus itu juga jika memang dibutuhkan. Karena jika terlalu banyak install antivirus dikhawatirkan terjadi konflik antar antivirus tersebut. Jadi coba lebih selektif dalam memilih antivirus dan ketahui kebutuhannya.
  3. Device Driver yang tidak compatible, kemungkinan rusak atau bias jadi ada konflik antar device. Sebagai contoh ketika dua atau lebih perangkat berbasis USB yang memiliki type sama dengan nomor identifikasi produk yang sama juga atau pada saat komputer sedang beroperasi tiba-tiba perangkat komputer tersebut berhenti bekerja (hang).
  4. Komputer anda support APM (Advenced Power Management). Bios dalam komputer anda sudah ada pengaturan APMnya lalu anda mengupgrade ke windows XP, karena secara default fitur APM ini tidak diaktifkan di dalam windows XP, Efeknya anda akan menerima sebuah pesan ketika anda menshutdown komputer anda, dan membuat komputer anda berhenti merespon ketika shutdown. Coba cara berikut :
    - Buka Control Panel,
    - lalu Performance anda Maintenance,
    - lalu Power Options,
    - Klik tab APM,
    - Beri tanda ceklist di Enable Advanced Power Management Support,
    - Terus Ok .
  5. Program yang masih berjalan atau benar – benar belum di close. Seperti pada windows XP, komputer akan shutdown jika program yang berjalan sudah benar-benar di close.
  6. Trouble adaptor video di IRQ dalam modus real. Solusinya dengan ganti VGA Card anda.
  7. Registry Fast Shutdown yang masih dalam kondisi aktif. Silahkan buka Registry, Lalu non-aktifkan Fast Shutdown.

Alternatif lain cara atasi komputer tidak dapat shutdown

  • Klik Start Menu
  • Klik Run
  • Ketik Regedit
  • Buka HKEY_CURRENT_USER lalu “ Control Panel “ lalu “ Desktop
  • Double Klik pada “ Power off Active “ lalu rubah nilainya menjadi 1.